Berkenalan lebih awal dengan Neraca Massa dan Energi & Azas Teknik Kimia

20 07 2009

Lucas_Heights_reactor_wideweb__470x312,0Bila postingan sebelumnya tentang catatan pribadi maka postingan kali ini akan berbicara masalah akademik, khususnya bidang teknik kimia. Program studi Teknik Kimia merupakan program studi yang merupakan turunan dari ilmu dasar seperti, kimia, fisika, dan matematika. sehingga pada tahun pertama kuliah, pembelajarannya   lebih kepada penguatan mata kuliah dasar tersebut.

Mata kuliah yang spesifik ke program studi teknik kimia, baru diajarkan pada semester 3. Salah mata kuliah yang dipelajari di tahun kedua ( khususnya di teknik kimia UI ) adalah Neraca Massa dan Energi (NME) . Sebelumnya,  perlu diketahui bersama bahwa mata kuliah ini di universitas lain seperti di UGM, ITB, USU, dan UNDIP mempunyai nama Azas Teknik Kimia (ATK). Walaupun berbeda nama, substansi dari mata kuliah ini tidak lah berbeda.

Apa itu NME?

Pada dasarnya NME merupakan mata kuliah tentang prinsip dasar kekalan energy, untuk lebih jelasnya bisa dilihat silabus mata kuliah Teknik kimia UI tentang NME :

Tujuan  Pembelajaran  :  Mahasiswa mampu membuat  dan menyelesaikan  neraca massa dan  neraca  energi  dengan menerapkan  hukum  kekekalan  dan  derajat  kebebasan  suatu proses. Silabus : Pengantar perhitungan teknik Kimia. Persamaan  Kimia  dan  Stoikiometri.  Neraca massa  tanpa  reaksi  kimia  &  dengan  reaksi kimia, tanpa/dengan reaksi kimia untuk proses recycle,  bypass  dan  purge.  Neraca  energi. Gabungan neraca massa dan energi.

Prasyarat: -

Buku ajar:

  1. Himmeblau D.M. Basic Principles and Calculation in Chemical Enginnering, 6th ed, Prentice Hall 1996.
  2. Reklaitis G.V.  Introduction  to Material  and Energy balances, John Wiley 1983
  3. Diktat Neraca Massa dan Energi 2001.

Azas Teknik Kimia

Berikut ini silabus mata kuliah azas teknik kimia UGM:

Tujuan Instruksional Umum (TIU):

Mahasiswa dapat menyusun neraca massa dan panas pada suatu sistem  (non-reaksi dan  reaksi)  dan  menyelesaikan  neraca massa  dan  panas  pada  sistem/proses  yang sederhana, serta dapat menyusun persamaan kelompok tak berdimensi dan melakukan scale-up sederhana

Tujuan Instruksional Khusus (TIK):

a.  Mampu  menyusun  persamaan  (steady  dan  unsteady-state)  neraca  massa  dan neraca panas, secara makroskopis dan mikroskopis.

b.  Mampu menyelesaikan persamaan neraca massa dan panas steady-makroskopis yang sederhana. c.  Memahami arti dan tujuan arus bypass, recycle, purge.

d.  Mengenal teori perpindahan massa dan momentum secara difusi (molekuler). e.  Mampu  menyusun  persamaan  kelompok  tak  berdimensi  secara  inspeksi  pada suatu peristiwa, dan melakukan scale-up peristiwa yang sederhana.

Ruang lingkup Materi ATK :

a. Pengenalan ruang lingkup Teknik Kimia, Chemical engineering tools.

b.  Pengenalan satuan, unit.

c.  Konsep  neraca  massa:  batch-kontinyu,  steady-state,  mikroskopis-makroskopis. Persamaan Kecepatan reaksi, transfer massa.

d.  Arus by-pass,  recycle, purging. Penyusunan persamaan diferensial dalam neraca massa

e.  Dasar  neraca  panas:  energi  dakhil,  entalpi,  hukum  termodinamika  1,  panas perubahan fase, panas pembentukan dan reaksi, panas pembakaran.

f.  Konsep  neraca  panas:  steady-state, mikroskopis-makroskopis  untuk  sistem  non-reaksi dan reaksi, penyusunan persamaan diferensial.

g.  Humiditas dan kelembaban: neraca massa dan panas simultan.

h.  Pengenalan  difusi  molekuler  (biner:  counter-current  dan  stagnant  film),  transfer momentum dan distribusi kecepatan.

i.  Dasar  dimensi  dan  analisis  dimensi:  penyusunan  persamaan  kelompok  tak berdimensi. Konsep similaritas teknik dan contoh similaritas sederhana.

Dari uraian diatas, telah jelas bahwa NME =ATK merupakan mata kuliah yang mempelajari tentang kekalan energy dalam suatu proses. Jadi jangan sampai salah sebut ketika meminjam buku NME dari temen universitas lain, karena nama lain mata kuliah ini adalah azas teknik kimia.  Mata kuliah ini menjadi fundamen untuk mata kuliah selanjutnya seperti perpindahan kalor, perpindahan massa dan lain-lain.

About these ads

Actions

Information

16 responses

20 07 2009
chandra

aduh kalo gue mah ikutin diktat aj deh
hehehe

but nice post
keep going son

20 07 2009
harsono

ok bos, thanks ya atas kunjungannya.

20 07 2009
mada

duh,,promosi euy..!

semangat yak nulisnya, gw dukung son!

=)

20 07 2009
haryo

mantep son, trmksh info nya.

21 07 2009
harsono

@mada dan haryo, thanks ya atas kunjungannya.
sering2 mampir aja ya. :)

24 07 2009
Dani

Harsono lo semangat bgt y.. it’s good! :)
Thanks dah bwt infonya. Penting jg sih tw mw bljr ap
biar gak kayak anak ilang aj yg g tw arah mw kmn..
Jzk.

24 07 2009
harsono

ok sama2. terima kasih atas kunjungannya.

24 07 2009
illyin333

hwa…

jago juga lu promosi son…
ini patut di contoh…
(ilmunya jg diambil kok)
he333…

24 07 2009
harsono

ok. terima kasih bos , udah berkunjung.

3 06 2010
Oscar

anak tekim UI? angkatan berapa?

~mantab tulisannya

Salam,

Oscar
mantan tekim UI ’06

20 08 2010
Leo

buku bisa ada yg DL?thx

20 01 2011
ridho

wahhh..pelajaran yang gw susah untuk mengerti ini..ahhaha
nice gan..lanjutkan!

26 09 2011
Fatih

Salam kenal mas, saya nak teknik kimia mau tanya alamat e book Basic Principles and Calculation in Chemical Enginnering, 6th ed, Prentice Hall 1996. tlong dbntu ya kak

23 10 2011
harsono

searching di 4shared coba..:)

20 11 2011
saan

buku g v reklaitisnya dimana bisa di download

16 08 2012
anwar

thank u mas bro, sangat membantu sekali untuk gambaran pembelajaran dasar t.kim.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: