Aku Ingin Menjadi….?

Pertanyaan sederhana yang sering kita dengar. Anak – anak kecil pun tidak asing dengan pertanyaan tersebut. Di bangku sekolah dasar , ibu guru sering melontarkan pertanyaan tersebut. Tidak hanya guru di kampoeng, Guru sekolah dasar pun menjadikan pertanyaan yang mengundang anak didiknya berkat:. Aku ingin menjadi……………

Teringat ketika aku kecil, aku begitu lantang mengucapkan kalimat tersebut. Ibu Guruku sering berkata : “anak – anak semua , kalau kalian dewasa ingin menjadi apa?”. Serentak aku dengan teman – temanku menjawab dengan beragam jawaban: “ Aku ingin menjadi dokter” kata si A. “aku ingin menjadi Insinyur”Kata si B dan beraneka ragam jawaban yang lainnya. Hal masih aku ingat dan mungkin sekarang masih berlaku bagi anak – anak lainnya adalah keberanian dan kelantangan dalam menjawab pertanyaan tersebut. Sikap yang Penuh Percaya diri dan tervisualisasi seakan – akan anak – anak tersebut telah menjadi seseorang yang mereka harapkan. Aku masih ingat juga ketika teman –teman kecilku ingin menjadi dokter , mereka suka main dokter-dokteran, dan masih banyak permainan lainnya, yang semuanya itu fokus pada cita – citanya. Namun, seiring bertambahnya usia dan bertambahnya kedewasaan jawaban pertanyaan tersebut makin lama makin redup, makin tidak terdengar , dan makin penuh keragu-raguan. Mungkin ketika masih duduk di bangku SD jawaban atas pertanyaan tersebut dapat terdengar dalam radius 5 Meter, ketika lulus SD dalam radius 3 Meter, ketika lulus SMP dalam radius 0.5 meter dan ketika lulus SMA jawaban tersebut sudah terdengar lagi kalaupun terdengar penuh dengan keragu-raguan.

Aku pun bertanya-tanya pada dirku sendiri, dimana keberanian itu? dimana kepercayaan diri itu? dan kemana visualisasi tentang masa depan yang sering terbawa ketika tidur, bermain, dan berangan – angan?. Sampai detik ini pun , aku masih bertanya – Tanya , setelah aku lulus aku ingin menjadi apa? Mungkin jawaban yang aku maksud bukan jawaban yang seperti anak SD yang hanya berkata: “ aku ingin menjadi seorang Engineer”. Yang aku harapkan aku dapat menjawab dengan lebih spesifik dan detail terhadap apa yang aku harapkan.

Hal yang sekarang terbesit dalam pikiranku hanya sederhana, aku hanya ingin menjadi seerang Engineer yang bisa menulis. Mungkin ada yang bertanya – tanya “mengapa tidak masuk fakultas Sastra / ilmu pengetahuan budaya saja jika ingin bisa menulis” ataupun pernyataan konyol “gak usah kuliah pun bisa nulis” malah komentar yang mungkin saya anggap lebih parah: “dasar dodol , Enginer itu bahasanya bahasa mesin dan proyek”. Bila ada komentar yang demikian aku hanya dapat tersenyum dan berterima kasih karena pernyataan tersebut memang benar adanya. Aku memang kuliah di bidang Engineer, namun aku yakin tanpa adanya kemampuan menulis yang bagus ilmu kita kurang bermanfaat bagi orang lain. Aku percaya tulisan adalah media yang efektif untuk berkontribusi, untuk menyebarkan ilmu dan pengalaman yang aku ketahui, mewariskan ilmu kepada anak cucuku dan orang – orang disekelilingku. Aku hanya akan bergigit jari jika aku tidak bisa menulis, dan hanya membayangkan apa jadinya jika seorang Engineer tidak bisa menulis. Engineer tersebut hanya akan menjadi seorang yang terus mengeksploitasi dirinya , yang tidak lain dan tidak bukan hanya materi yang menjadi bayarannya.

Aku pun tidak bisa menyalahkan apa yang menjadi pilihan hidup seseorang terhadap pilihan hidupnya. Apakah mau menjadi Engineer tipe A,Tipe B, atau Tipe C. aku hanya memberikan pandangan bahwa kemampuan menulis adalah hal yang penting. Kegiatan mengungkapkan ilmu apa yang telah kita dapat melalui tulisan , tidak hanya berhenti ketika kita sudah menulis skripsi tetapi terus berlanjut. Ungkapkan terus apa yang kita dapat!!! Saya yakin seorang yang telah mampu mengungkapkan apa yang ia dapat, berarti ia telah memahami apa yang telah ia lakukan.

Published by

harsono

a Javanese

Leave a Reply

