Karbon Kehidupan

300px-CNO_Cycle.svgSudah menjadi pengetahuan masyarakat luas bahwa karbon tidak dapat dipisahkan dari kehidupan. Hampir semua zat yang kita temui  tersusun dari karbon. Ada sebuah ungkapan menarik tentang karbon yang membingungkan yaitu apakah karbon adalah kehidupan ataukah kehidupan itu pada hakikatnya merupakan karbon ( ditinajau dari unsur penyusun)? Mungkin kalian mempunyai jawaban tersendiri tentang pertanyaan tersebut, ataukah kalian memilih salah satu dari dua opsi tersebut. Namun, terlepas dari itu semua dipostingan pertama di bulan maret ini akan ada bahasan tentang karbon. Bagi temen- temen semua mungkin mengira bahwa postingan kali ini adalah berkaitan dengan kimia atau hal yang berkaitan dengan kimia. namun, anngapan temen- temen semuanya tidak selamanya benar. Saya hanya akan mengungkapkan megenai pengalaman yang saya analogikan dengan karbon. yaitu sebuah atom C yang bervalensi 4.

Sebagai manusia,  membangun sebuah komunitas masyarakat adalah sebuah hal  yang lazim dan umum. Bahkan apabila ada orang yang melawan kodrat tersebut adalah orang yang menyalahi konsensus umum. Tidak ada manusia yang ingin hidup sendiri dan tidak ada manusia yang ingin disendirikan. Tempat – tempat umum atau media pada dasarnya adalah wahana atau jejiring dalam kehidupan sosial. sebagai contoh real adalah meroketrnya angaka pengguna provider media jejaring sosial dan ramainya tempat – tempat yang dikhususkan bagi khalayak. sebuta saja mall, FB, FS dan chating. inti dari fenomena tersebut adalah adanya motif untuk membentuk sebuah ikatan antar sesama manusia. Dalam proses pengikatan diperlukan sebuah komunikasi, Pemahaman bahasa yang sama , dan adanya sikap untuk rela memberi dan kesediaan menerima. Maka bila terjadi kesepakatan ,  terjadilah hubungan antar manusia dalam berbagai bentuk.

Proses serupa jika dipikir – pikir lebih lanjut sama dengan proses interaksi antar atom, dimana ada pihak yang butuh elektron. elektron adalah suatu kebutuhan untuk mencapai kestabilan. sebagaimana manusia yang butuh  adanya orang lain . Entah sebagai apa perannya dalam hidup seseorang namun yang pasti keberadaan orang lain membrikan dampak yang sama yaitu keseimbangan dan kestabilan dalam hidup. hal yang menarik dari proses tersebut adalah adanya perbedaan kecenderungan untuk menjalin hubungan / komunikasi antar manusia. begitu juga dengan atom – atom, ada berbagai macam jenis kecendurungan untuk berinteraksi dengan atom lainnya. Dari sekian jenis atom, salah satu yang istemewa adalah karbon. Atom karbon mampu berikatan dengan sejenisnya atau dengan jenis atom lainnya sehingga ada banyak jensi yang di hasilkan dari atom karbon tersebut. Hal ini dikarenekan atom karbon begitu fleksibel yaitu adanya 4 lengan yang mau menerima atau bekerja sama dengan atom lain.

Hal ini juga berlaku bagi manusia. Seseorang yang mampu fleksibel, mau menerima orang lain dengan terbuka, dan bersikap care maka akan mudah bergaul / berikatan dengan orang lain. namun  juga perlu diingat bahwa proses hunbungan dengan orang lain tersebut juga berdasarkan kemanfaatan dan pelaksanaan aturan. Artinya dari adanya komnikasi/hubungan tersebut mendatangkan manfaat bagi sesama dan dibentuk sesuai kaidah / aturan yang berlaku. Sebagaimana atom karbon yang tetap mengikuti hukum – hukum alam kimia dalam bereaksi dan menjadikan kemanfaatan jauh lebih besar daripada wujududnya yang reltif kecil.

Published by

harsono

a Javanese

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s