Tulip : Sebuah Saksi Hidup dari Kemajuan Inovasi di Negeri van Orange



Minggu Siang adalah waktu yang tepat untuk istirahat, tak banyak yang kulakukan kecuali beristirahat di kos melapas kepenatan, setelah beraktivitas selama lima hari penuh. Salah satu kegiatan yang sering menjadi rutinitas akhir-akhir ini adalah pergi ke warnet di salah satu ujung jalan,  daerah kos-kosan , sebuah Perguruan Tinggi Negeri di Kota Depok.

Setelah izin kepada yang jaga warnet, langsung saja ku duduk di  salah satu computer didekat pintu yang juga berdekatan dengan penerangan lampu pijar yang dibuat oleh salah satu raksasa elektronik Belanda, Philips.  Ku disambut  dengan gambar lumba-lumba di layar desktop komputer  yang merupakan salah satu icon dari sebuah piranti lunak penghitung waktu dan harga di warnet tersebut . Entah kenapa, bagiku  gambar lumba-lumba tersebut  itu menjadi identik dengan warnet. Apakah karena inovasi dari peranti lunak tersebut sehingga software tersebut dijadikan sebagai billing di hampir seleuruh warnet? Mungkin ada yang tau?

Setelah berkutat dengan situs pencari terbesar di dunia maya, akhirnya browserku terdampar di situs http://kompetiblog2010.studidibelanda.com. Pikirku langsung tertuju pada kenangan setahun lalu ketika aku tidak sempat mengikuti kompetisi penulisan blog yang berhadiah summer school ke salah satu universitas terbaik di dunia yaitu Utrecht University, Belanda. Langsung saja kubaca tema yang diangkat dalam kompetisi kali ini yaitu :

“Dutch Innovation In My Opinion”

Tidak tau kenapa pikiran ini langsung tertuju pada tiga hal ketika membaca tema tersebut yaitu : Bendungan, Kincir, dan Tulip.  Pada kesempatan kali ini , Tulip lah yang akan menjadi topik utama dalam tulisan ini

Tulip dan Inovasi

Berbicara tentang inovasi , berarti membicarakan kemajuan revolusioner yang belum ada di masa lampau. Kemajuan yang akan selalu diingat oleh manusia , dan menjadi sebuah jati diri  bagi penemunya. Selain itu,  inovasi dan penemunya tidak akan mudah dilupakan oleh khalayak. Inovasi sering didentikkan dengan teknologi.  Karena teknologi adalah salah satu cara yang lazim untuk berinovasi. Sehingga secara langsung dapat dikatakan bahwa Inovasi dan teknologi ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan.

Dari Terminologi tersebut maka tulip dapat dikategorikan sebagai sebuah inovasi yang monumental bagi belanda.  Mungkin bagi sebagian orang menganggap tulisan ini sebagai angin lalu , karena dianggap terlalu sederhana  dibandingkan dengan inovasi lainnya di negeri belanda  , misal pembangunan Dam, Kincir, ataupun teknologi banguna di belanda. Namun, bagi saya di balik keindahan bunga tulip menyimpan sejarah kemajuan inovasi belanda di bidang pengembangan tanaman.

Bagi sebagain besar teman-teman mungkin sudah tau , jika tulip bukan tanaman asli dari belanda. Tetapi tulip berasal dari asia Baratl dan asia tengah tepatnya Turki, Iran, Irak dan Afgahnistan. Penyebutan tulip diambil dari bahas Persia “toliban”, dan berkembang pesat pada masa Kekuasaan Ottoman di Turki.

Namun, yang menarik perhatian adalah Tulip ini menjadi Ikon negeri belanda. Negera yang Jelas-Jelas bukan asal dari Bunga nan Cantik ini. Bahkan, hampir setiap orang  di dunia mengakuinya bahwa tulip adalah salah satu ciri khas negeri van Orange tersebut. Disinilah kehebetan negeri belanda mampu berinovasi dengan tulip sehingga tulip menjadi ciri khas dari negeri yang terletak dibawah permukaan air laut ini.

Inovasi dalam bidang ini dimulai oleh carolus Clasius,s eorang ahli Botani dari Universitas Leidan yang mampu membiakkan tulip pada Abad Ke 16. Dari tokoh inilah tulip mampu dikembangbiakkan dengan baik dengan berbagai variasi warna dan bentuk, antara lain : Tulipa pulchella, Tulipa orphanidea’, Tulipa urumiensis, Tulipa kaufmanniana.1

Gambar 1 : Tulip . Bungan nan cantik yang menjadi ikon Negara Belanda

Kemajuan Belanda dalam inovasi tulip ini, dapat dinikmati dalam sebuah kebun tulip terbesar di belanda yang dikenal dengan Keukenhof. Kebun ini juga disebut dengan Garden of Europe. Tidak hanya itu, kebun yang terletak di kota Lisse ini (daerah di selatan belanda), tercatat sebagai salah satu kebun bunga terbesar di Dunia. Kebun ini tidak dibuka sepanjang tahun, tetapi dibuka pada pertengahan maret sampai dengan pertengahan mei, berarti pada waktu tulisan ini di buat di Belanda masih ada Keukenhof. Untuk mempersiapkan momen ini , dipersiapkan tujuh juta bibit tulip untuk menarik sekitar 800.000 pengunjung dari seluruh penduduk dunia.

Majunya Riset : Kisah Dibalik Inovasi

Dibalik sukesnya inovasi tulip di belanda, terdapat kemajuan bioteknologi yang berkembang pesat di negeri tersebut. Terdapat banyak lembaga riset dibidang bioteknologi, pertanian , dan pangan di belanda antara lain : Proeftuin Zwaagdijk (Agricultural research center), International Flower Bulb Centre, Koninklijke Algemeene Vereeniging voor Bloembollencultuur (KAVB- the Royal General Bulb Growers’ Association), Bloembollenkeuringsdienst (Flowerbulb Inspection Service), Hortus Bulborum Foundation. Lembaga-lembaga ini memfokuskan diri untuk melakukan inovasi-inovasi penting yang ada di negeri tulip tersebut.

Selain itu, Pendidikan Tinggi di belanda juga mendukung pesatnya inovasi di negera tersebut. Banyak perguruan tinggi yang memfokuskan diri kepada riset dan inovasi atau sering disebut Research Universities yang tergabung dalam Association of Universities in the Netherlands (Vereniging van Universiteiten, Universitas Tersebut antara lain : Delft University of Technology, Eindhoven University of Technology,Erasmus University Rotterdam,Leiden University,Maastricht University,Radboud University Nijmegen,VU University Amsterdam,Tilburg University,University of Amsterdam,University of Groningen (RUG), University of Twente,Utrecht University,Wageningen University,Open Universiteit Nederland. Bidang Riset yang digeluti tidak hanya pertanian dan bioteknologi, tetapi dari berbagai bidang kehidupan, antara lain : bidang energi, struktur bangunan, sosial budaya, arsitektur, kimia, fisika dan bahasa.2

Dari beberapa universitas tersebut yang mempunyai riset yang bagus dalam bidang Bioteknologi dan pertanian diantaranya adalah Wageningen University dan Leiden University.

Selain bagus dalam bidang riset, Kuliah di belanda juga menawarkan berbagai kemudahan yang tidak dimiliki negara eropa lainnya, khususnya bagi kita orang Indonesia. Kemudahan tersebut  antara lain dalam hal  bahasa,makanan, dan Beasiswa. Bahasa utama yang digunakan dalam pengantar kuliah di belanda adalah bahasa inggris , sehingga bagi kita (baca : orang Indonesia) tidak ada prasyarat untuk mempunyai kemampuan bahasa belanda  untuk melanjutkan studi di sana. Hal ini berbeda dengan belajar di Jerman atau pernacis yang memprasyaratkan adanya sertifikat bahasa setempat ketika ingin belajar di negeri tersebut. Dalam hal makanan, belanda juga menawarkan makanan Indonesia yang mudah didapatkan, banyak restoran khas indonesia dibuka disana apabilada dibandingkan  dengan Negara lain di daratan eropa , tentunya harganya juga masih lebih tinggi dibandingkan makanan pokok disana. Belanda juga menawarkan banyak beasiswa bagi orang Indonesia yang ingin belajar di sana antara lain HSP Huygens Programs, Stuned, Erasmus Mundus dam masih banyak lainnya. Daftar list beasiswa dapat dilihat di http://www.grantfinder.nl. Untuk lebih jelas tentang pendidikan dibelanda dapat dilihat di http://studidibelanda.com/ atau http://www.nesoindonesia.or.id/.

Konklusi

Sebuah konklusi sederhana dan patut dijadikan pelajaran bagi kita semua dari inovasi tulip di belanda adalah bahwa Inovasi yang monumental, dimulai dari kualitas riset dan pendidikan yang baik. Sekecil apapun bidang inovasi yang dilakukan akan memberikan dampak yang hebat apabila dilakukan dengan kesungguhan.

Referensi :

1. http://majalah.ppibelanda.org/?p=288

2. http://www.eurogates.nl/en_dutch_universities_Holland/

3. Gambar Tulip diambil dari : http://www.cityofholland.com/Brix?pageID=723

4. Gambar Kampus Wageningen diambil dari : http://www.leostroosnijder.nl/

Published by

harsono

a Javanese

2 thoughts on “Tulip : Sebuah Saksi Hidup dari Kemajuan Inovasi di Negeri van Orange”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s