Tulisan

Entah kenapa sebelum kupejamkan mata ini, ingin ku tulis beberapa rangakain kata. sudah beberapa bulan blog ini tidak ku isi dengan tulisan. bingung dan canggung , itulah yang kurasakan sekarang. hanya satu dipikaran saya saat ini, berjuang untuk menulis sebelum badan ini direbahkan diatas kasur.

Sengaja ku beri judul untuk tulisan ini adalah Tulisan. ya, sebuah judul singkat yang (mungkin ) tak bermakna. terinspirasi dari judul-judul tulisan Goenawan Muhamad, begawan budayawan dan Sastrawan yang tulisannya selalu mengisi catatan pinggir di akhir majalah tempo. Satu kata namun sarat makna, begitulah kiranya arti dari judul tulisan Goenawan muhamad tersebut.

Bahasa tulisan, memang berbeda jauh dengan bahasa tutur. bahasa tulisan lebih rumit dan penuh dengan simbol. memaknai bahasa tulisan tidak sekedar hanya kegiatan komunikasi saja, tetapi melalui proses yang panjang. proses pemikiran dari penulis untuk diterjemahkan dalam tulisan dan proses pemikiran pembaca untuk diikat makna dibalik simbol-simbol huruf. sehingga sudah selayakna jika tulisan dijadikan indikator majunya sebuah peradaban. semakin banyak tulisan semakin jauh meninggalkan kebodohan.

Proses kreatif sebelum tulisan itu dapat dinikmati pembaca adalah sebuah perjalanan yang tidak gampang. Pencarian ide, pengamatan, pengungkapan rasa, penilaian, kesan, pengalaman, pemilihan kata, hingga penyusaunan huruf-huruf menjadi kata-kata adalah kesatuan yang terus akan dialami bagi siapapun yang menulis. Entah itu hanya seuntai kalimat ataupun berbait-bait paragraf akan mengalami proses itu. ya, proses yang panjang dan (mungkin) melelahkan bagi sebagian orang. namun, apabila proses itu dinikmati, rangkain aktivitas tersebut bagai sebuah candu. apabila ditinggalkan akan mengurangi keseimbangan, menjadikan beban, dan menghambat proses berpikir.

Bagi saya sendiri tulisan adalah sebuah kekuatan. kekuatan untuk memaknai sebuah peradaban. kekuatan untuk dapat bertahan dalam kehidupan. bagi saya keintelekan seseorang bukan dari apa yang dia katakan, bukan dari sebanyak apa pengalaman dan ilmu yang dia tuturkan, tetapi keintelekan saya nilai dari sehebat apa dan sebanyak apa tulisan yang dia ciptakan. Tentu saja tulisan yang dimaksud adalah cerminan proses kreatif-ilmiah yang panjang, bukan "tulisan sampah" yang sekedar hasil kejahatan "Plagiarism".

Published by

harsono

a Javanese

2 thoughts on “Tulisan”

  1. Namun realitanya, qta kebanyakan membaca namun jarang menulis bahkan tidak pernah.🙂
    Membaca tanpa menulis itu pincang, namun kalo menulis ga membaca ya jelas buta.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s